info@iain-jember.ac.id 081234567890

Ikuti Lomba Nasional, Mahasiswi PIAUD Bawa Nama Harum Kampus IAIN Jember

Home >Berita >Ikuti Lomba Nasional, Mahasiswi PIAUD Bawa Nama Harum Kampus IAIN Jember
Diposting : Senin, 02 Nov 2020, 21:05:54 | Dilihat : 237 kali
Ikuti Lomba Nasional, Mahasiswi PIAUD Bawa Nama Harum Kampus IAIN Jember


Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) ke-7, Prodi PIAUD Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang mengadakan Lomba Nasional Gebyar PIAUD bertemakan “Kreatifitas dan Eksplorasi Melalui Kesenian Budaya Indonesia di Masa Pandemi.”

Lomba ini dilaksanakan mulai tanggal 4-17 Oktober secara online, yang terdiri dari beberapa macam lomba, yaitu: Cipta Lagu, Microteaching, Alat Permainan Edukatif, dan Poster Anak. Hasil perlombaan tersebut diumumkan pada hari Kamis, tanggal 22 Oktober 2020 melalui live instagram dan live youtube hmjpiauduinwalisongo.

Ketika diumumkan, Daaiyah Zahwa Imtana (mahasiswi prodi PIAUD Institut Agama Isam Negeri Jember) ini meraih juara I kategori Lomba Alat Peraga Edukatif (APE). Beberapa persiapan yang dilakukan oleh Zahwa sebelum mengikuti perlombaan, hingga akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan.

“Awalnya saya ikut lomba, saya gak tau temanya apa. Jadi saya sudah mempersiapkan APE tentang alam. Tapi setelah itu saya tau kalau APE nya harus sesuai tema, yaitu kebudayaan. Saya mencari tema tentang kebudayaan untuk PAUD. Akhirnya kefikiran tentang beragam agama di Indonesia dan akhirnya saya mengambil tema tempat-tempat ibadah di Indonesia. Saya ingin membuat tempat2 ibadah yg realistis karena biasanya hanya di kenalkan melalui gambar. Setelah itu saya memiliki ide untuk membuat maze ini, agar anak tidak hanya mengenal rumah ibadahnya saja, tetapi juga pakaian dan nama agamanya.” Jelas Zahwa

Zahwa memang pernah menginginkan sekali mengikuti lomba APE, namun setiap ada lomba belum pernah bisa mengikutinya. Dan baru kali ini ia mendapatkan kesempatan.

“Saya mengikuti lomba ini karena memang sebenarnya dari dulu ingin mengikuti lomba APE, hanya saja masih belum ada kesempatan. Dan baru ada kesempatan saat pandemi ini.” Terang Zahwa

Zahwa juga menambahkan bahwa ia memiliki persiapan khusus dalam pembuatan APE, seperti yang disampaikannya.“Sebelum lomba saya menyiapkan rancangan permainan yang ingin saya buat dengan detail, untuk memudahkan saya saat membuatnya.” Ujar Zahwa

Pencapaian yang sangat membanggakan ini, diharapkan mampu memotivasi mahasiswa lainnya untuk selalu bersemangat dalam mengikuti perlombaan. Serta menyiapkan diri secara maksimal sebelum mengikuti setiap lomba. Hasil Alat Peraga Edukatif (APE) yang telah dibuat Zahwa dapat dilihat pada link youtube https://www.youtube.com/watch?v=aAbZnSnaxEU&feature=youtu.be (Riyas/RR)

Berita Terbaru

Sosialisasi Kebijakan Survey Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Manajemen SDM
09 Sep 2023By oprpiaud
Prodi PIAUD UIN KHAS Jember Melakukan Benchmarking di PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
05 Sep 2023By oprpiaud
Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Kurikulum FTIK UIN KHAS Jember 2021
17 Aug 2023By oprpiaud

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;